Dalam pemrograma
berorientasi objek, objek adalah entitas dasar saat runtime. Pada saat
kode program di eksekusi, objek berinteraksi satu sama lain tanpa harus
mengetahui detil data atau kodenya. Interaksi antar objek ini dilakukan
menggunakan suatu message. Objek memiliki suatu siklus hidup, yaitu
diciptakan, dimanipulasi, dan dihancurkan.
Sekarang yang
menjadi pertanyaanadalah bagaimana menciptakan objek, memeriksa tipe
objek, dan menghapus objek? Berikut ini adalah penjelasannya :
a. Menciptakan Objek
Untuk menciptakan sebuah objek, maka operator yang digunakan adalah operator “new”. Contoh :
ContohKelas ck = new ContohKelas();
Atau
getData(new ContohKelas() );
b. Memeriksa Tipe Objek
Untuk
mengetahui tipe suatu objek pada saat runtime maka dapat menggunakan
fungsionalitas operator “instanceof”, operator ini akan mengembalikan
nilai true jika tipe objek sesuai, dan akan mengembalikan nilai false
jika tipe objek tidak sesuai.
c. Menghapus Objek
Java
menggunakan teknik yang dikenal sebagai garbage collection untuk
menghapus objek-objek yang sudah tidak diperlukan.dengen demikian, kita
tidak perlu khawatir akan terjadinya kebocoran memori. Garbage collector
mampu mengidentifikasi kapan suatu objek dialokasikan dan kapan ia
tidak digunakan lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar